Madu Hitam

Mengenal Madu Hitam dan Khasiatnya


Madu Hitam Pahit
Madu hitam adalah salah satu jenis madu yang berbeda daripada madu yang umum. Madu lazimnya berwarna coklat terang atau putih dengan rasa yang manis. Madu jenis ini memiliki warna gelap yang lebih condong ke warna hitam.

Rasa dan warna madu murni tergantung dari jenis bunga dimana lebah madu mengambil nectar. Jenis lebah madu yang sama, akan menghasilkan rasa dan warna madu yang berbeda bila ditempatkan dilingkungan dengan pepohonan bunga yang berbeda. Bahkan, dalam satu sarang lebah, bisa dihasilkan madu dengan rasa dan warna yang berbeda. Hal ini dikarenakan pergantian musim bunga dari pohon satu ke pohon yang lain sepanjang tahun.

Bunga pepohonan memiliki karakteristik dan kandungan zat yang berbeda satu dengan yang lain. Lebah yang mengambil nectar dari pohon rambutan atau kapuk, akan menghasilkan madu dengan warna yang cerah dan rasa yang manis. Sedangkan lebah madu yang mengambil nectar dari pohon mahoney, cenderung menghasilkan madu hitam dengan rasa yang lebih pahit.

Di pasaran, banyak ditawarkan madu hitam dengan berbagai macam khasiatnya. Warna hitam madu bisa karena bawaan madu atau bisa juga bahan lain yang ditambahkan padu madu. Madu warna terang akan menjadi madu hitam bila ditambahkan bubuk herbal habbatusauda. Untuk jenis yang murni, warna hitamnya dipengaruhi karakter asli bunga dari sumber nectar. Lebah yang mengambil nectar dari bunga pohon karet, singkong, kaliandra, paitan, pelawan, atau lengkeng akan menghasilkan madu hitam.

Biasanya, rasa madu hitam adalah pahit, walaupun ada madu hitam yang rasanya manis seperti madu lengkeng. Hal ini dikarenakan kandungan alkaloid yang tinggi. Alkaloid merupakan bahan antibiotic dan anti infeksi alami dari madu. Bahan ini diyakini bisa membantu penyembuhan berbagai penyakit. Selain memiliki khasiat madu seperti lazimnya, madu pahit juga memiliki kelebihan untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit terutama sakit maag atau asam lambung, membantu proses penyembuhan diabetes, dan diyakini bisa meningkatkan stamina pria dewasa. Karena kandungan alkaloidnya yang tinggi, madu hitam juga bisa digunakan untuk membantu penyembuhan luka luar.

Untuk mendapatkan khasiat madu hitam secara maksimal, dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara teratur. Dosis orang dewasa, 3x2 sendok makan setiap hari. Sedangkan untuk anak, berikan 3x1 Sendok the madu hitam setiap hari. Untuk konsumsi pada BALITA, sebaiknya konsultasi ke Dokter anak Anda terlebih dahulu, untuk antisipasi anak bayi anda alergi madu atau terkena botulisme.

Saat ini, banyak dijual madu hitam dengan berbagai merk dan kemasan dipasaran. Beberapa merk itu antara lain adalah, Madu Hitam Pahit, Madu Hitam Gosyen Land, Madu Hitam Mabruk, Madu Hitam Masyhur, Madu Hitam Herbal, Madu Hitam Ar Rohmah, Madu Hitam Al Hamzah, Madu Hitam Al Amin dll. Pastikan anda mengetahui kandungan dalam madu dan khasiatnya sebelum memutuskan membeli madu yang anda inginkan. Selain itu, belilah madu hitam dari tempat jual madu asli langganan Anda.

Selain madu hitam dalam kemasan yang sudah ada merknya, ada juga madu hitam murni dari lebah liar. Salah satunya adalah madu pahit bunga pelawan. Madu ini dihasilkan dari lebah yang mengambil nectar dari pohon pelawan di daerah kepulauan Bangka Belitung. Madu hutan pelawan ini sudah sangat terkenal bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Kalau Anda ada kesempatan pergi ke daerah tersebut, jangan lupa untuk membeli dan merasakan nikmatnya madu hitam ini.

Artikel Lain:

Subscribe to receive free email updates: