Masker Madu

Masker Madu - Perawatan Wajah Secara Mudah dan Alamiah

Masker Madu untuk Wajah

Memiliki kulit wajah yang halus dan selalu tampak segar adalah keinginan setiap orang, baik perempuan ataupun laki-laki. Kulit wajah yang kering, kusam atau berjerawat, akan mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, ada yang menggunakan perawatan dengan menggunakan bahan kimiawi yang biayanya tidaklah murah. Sebenarnya, ada produk alamiah yang sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, yang bisa Anda gunakan sebagai bahan perawatan wajah yang aman dan murah. Anda bisa menggunakan masker madu sebagai pilihan terbaik untuk perawatan kulit wajah sehari hari.

Nutrisi madu yang lengkap, berisi enzim yang kompleks dan asam amino yang melimpah. Makanan lebah madu ini, memiliki sifat antibacterial alami dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh manusia, termasuk kulit. Madu juga mampu menarik kelembaban dari daerah sekelilingnya dan kemudian mempertahankannya untuk beberapa waktu. Sifat inilah yang dimanfatkan untuk perawatan pada kulit kering. Sifat antibacterial madu mampu membunuh bakteri yang sering menimbulkan terjadinya jerawat. Sedangkan sifat antioksidannya, mampu berfungsi sebagai pelindung matahari bagi kulit wajah Anda. Ingat, bahwa kulit wajah adalah bagian tubuh yang paling banyak terkena paparan langsung sinar matahari.

Khasiat madu untuk wajah, bisa dipadukan dengan bahan bahan alami lain yang bisa meningkatkan atau menambah efek baik dalam sebuah masker madu. Masker wajah alami ini, bisa menggunakan madu yang ditambahkan dengan buah pisang, lemon, alpukat, tomat. Selain itu bahan campuran lain yang bisa digunakan adalah, susu, telur, oatmeal, minyak the, minyak lavender dan gel aloe vera.

Berikut adalah beberapa resep Masker madu yang bisa anda buat sendiri di rumah secara sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur Anda.

Masker Madu untuk Kulit Kering

Sediakan 1 sendok teh alpukat tumbuk, 1 sendok teh yogurt susu dan 1 sendok teh madu asli. Campur bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk kecil dan lumat sampai halus. Kemudian oleskan masker yang sudah halus tersebut di wajah Anda. Biarkan selama 20-30 menit sebelum anda membilasnya dengan air hangat.

Lemak dalam alpukat dan yogurt susu akan membantu melembabkan kulit , sedangkan asam laktat dalam yoghurt akan menghaluskan kulit Anda , memurnikan pori-pori , dan merangsang produksi kolagen .

Masker madu untuk jerawat – Perawatan Kulit sensitif


Siapkan 3 sendok teh madu dan 1/2 sendok teh kayu manis. Campurkan madu dan kayu manis bersama-sama sampai merata. Usapkan ke seluruh wajah Anda . Biarkan masker madu selama 10-30 menit.

Sifat antibakteri dari madu dan kayu manis sangat bermanfaat untuk kulit berjerawat . Lakukan perwatan ini secara teratur sebelum anda tidur, dan nikmati hasilnya setelah beberapa hari.

Masker Madu Untuk Menghilangkan bekas jerawat dan fleks di wajah

Ambil 2 sendok teh madu murni dan 1/2 sendok teh jus lemon. Campurkan jus lemon dan madu kemudian aduk hingga rata, lalu oleskan campuran ini ke wajah Anda . Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Bilas dengan air hangat.

Jus lemon membantu mengelupaskan kulit mati , mencerahkan bintik-bintik gelap dan memudarkan bekas luka. Kulit Anda akan terasa halus dan lembut, tetapi mungkin diperlukan waktu pemakaian beberapa kali untuk melihat perbedaan nyata pada bekas luka dan bintik-bintik di wajah Anda.

Masker  Madu dan Pisang

Siapkan 1 buah pisang matang, 1 sendok makan madu. Lumatkan pisang yang sudah matang tersebut, kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu dan aduk sampai rata. Lalu oleskan masker madu pisang ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah terasa kering, bilas dengan air hangat sampai  bersih.

Pisang mengandung Magnesium dan Vitamin C yang baik untuk kulit, yaitu dapat meremajakan sel-sel kulit dan membentuk sel-sel kulit baru. Sedangkan madu dapat mencerahkan kulit wajah dan berfungsi sebagai anti oksidan yang melindungi kulit wajah dari sinar UV.

Masker Madu untuk Kulit Sensitif

Sediakan 2 sendok teh madu murni dan 1 sendok teh gel aloe vera. Aduk gel aloe vera dan madu bersama-sama sampai merata. Oleskan masker madu ini di wajah Anda . Biarkan selama sekitar 10-20 menit . Bilas dengan air bersih hangat.

Aloe vera membantu menenangkan peradangan dan menenangkan kulit Anda , cocok untuk Anda dengan  kulit yang sensitif dan mudah teriritasi.


Untuk mengantisipasi kemungkinan alergi pada kulit Anda terhadap madu atau bahan lain dalam masker madu, usapkan masker pada sebagian sedikit kulit punggung atau tangan Anda. Bila terjadi reaksi negative, berupa gatal atau kulit memerah, jangan oleskan pada wajah. Anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter mengenai alergi yang mungkin Anda derita, apakah itu karena madu, atau karena bahan yang lain. Kalau tidak terjadi reaksi, gunakan masker madu ini secara teratur dan rasakan manfaat madu yang akan Anda dapatkan. Selamat mencoba :-)

Subscribe to receive free email updates: