KHASIAT MADU

Nutrisi Madu

http://madu-tawon.blogspot.com/2012/03/nutrisi-madu.html

Kandungan Nutrisi Madu
Kandungan Nutrisi Madu

Madu merupakan makanan ajaib hasil produksi dari alam yang telah digunakan manusia sejak waktu yang lama. Bahkan sampai sekarang, manfaat madu tetap digunakan dan digemari banyak orang sebagai sumber makanan yang penuh nutrisi. Nutrisi madu mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Karena alasan inilah manusia menggunakan madu untuk berbagai macam tujuan, antara lain sebagai obat dan campuran bahan kosmetik.

Lebah madu mendapatkan nektar dari bunga tanaman yang dihinggapinya untuk menghasilkan madu. Selain menghasilkan madu, lebah ternyata juga memainkan peran penting dalam proses penyerbukan pada tumbuhan. Lebah akan membantu mempertemukan serbuk sari dan putik, sehingga akan terjadi proses penyerbukan sebagai rangkaian regenerasi dari banyak jenis tanaman. Tanpa bantuan lebah, akan banyak tanaman yang akan punah karena proses regenerasinya akan berhenti ketika proses penyerbukan tidak terjadi.

Lebah akan mengambil nektar bunga dan mencampurnya dengan enzim dalam membentuk komposisi kimia unik dari madu. Nektar sendiri tersusun dari sukrosa dan juga air. Sukrosa akan dirubah menjadi fruktosa dan glukosa, sedangkan air dalam nektar berguna untuk mengganti cairan dalam tubuh lebah yang dikeluarkan selama kegiatan mereka.

 Rincian Kandungan Nutrisi Madu

Dalam setiap sendok sendok makan madu, dapat menghasilkan sekitar 64 kalori energi sebagai bahan bakar bahan bakar yang digunakan untuk kerja otot dalam aktifitas sehari-hari. Secara umum, madu memiliki komposisi rata-rata dari karbohidrat sederhana sebesar 82,4%, air 17,1%, protein 0,5%, asam amino, vitamin dan mineral sampai mencapai 100%.

Dalam 38,5% karbohidrat akan berisi zat pemanis dengan komposisi glukosa 31% dan sisanya adal 12,9% maltosa, sukrosa dan gula lainnya. Setiap 100g kalori madu mengandung 0 g 0%total lemak, 0 g 0% lemak jenuh, 0 mg 0% kholesterol, 4 mg 0% Natrium, 82 g Karbohidrat, 0 g serat makanan, 82 g gula, 0% protein 0 g, 0%Vit. A, 0%Vit. C, 2% Besi, Kalsium 0%. Vitamin B6, thiamin, niacin, riboflavin, asam panthotenic dan asam amino tertentu juga ditemukan dalam madu. Mineral yang terkandung dalam madu adalah tembaga, kalsium, magnesium, besi, fosfor, mangan, natrium, kalium dan seng.

Fakta nutrisi madu diatas bukanlah data yang sama untuk setiap jenis madu, ini hanyalah gambaran secara umum dari komposisi yang ada pada madu. Komposisi pada setiap madu akan sangat tergantung dari jenis bunga, jenis tanah, dan kondisi cuaca atau musim pada saat lebah mengambil nektar dari bunga. Madu dengan kandungan mineral tertinggi dan dan memiliki kadar besi lebih banyak, mereka terlihat lebih gelap.

Fakta nutrisi madu manuka mirip dengan jenis madu yang lain. Tapi madu manuka mengandung faktor tambahan zat yang bersifat antibakteri dan antioksidan yang umum dikenal sebagai UMF. Kandungan nutrisi madu manuka yang khas, berasal dari bunga pohon manuka dan kanuka yang terkenal dengan sifat terapeutiknya

Madu adalah alternatif terbaik dari pemanis alami yang bebas dari kolesterol, lemak, dan natrium. Madu juga dilengkapi dengan vitamin alami. Gula diserap langsung ke aliran darah, tapi madu secara bertahap diserap ke dalam aliran darah menghasilkan pencernaan yang lebih baik. Indeks glikemik digunakan untuk mengukur hal ini. Makanan dengan glikemik tinggi akan meningkatkan pelepasan insulin dalam tubuh kita dan merangsang pankreas untuk memetabolisme gula glukosa ke darah. Mengkonsumsi makanan ini secara terus-menerus dapat menyebabkan banyak keluhan pencernaan serta diabetes. Berdasarkan fakta-fakta nutrisi madu di atas, lebih baik dan aman bagi anda sekeluarga untuk mengurangi konsumsi gula dan menggantinya dengan madu.

Artikel lain:
Nutrisi Madu, Pada: 10:56
Copyright © 2014 KHASIAT MADU Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved