Peternak Madu


Sekilas Panduan Bagi Peternak  Madu

Peternak Madu
Madu semakin banyak digunakan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memilih makanan terbaik untuk menjaga kesehatan. Khasiat madu sudah banyak diketahui dan dibuktikan oleh masyarakat, sehingga permintaan madu dengan kualitas yang baik akan semakin meningkat dalam waktu ke depan. Membaca peluang ini, banyak orang memelihara lebah madu untuk sekedar hobi yang mengasyikkan untuk menghasilkan waktu yang dikonsumsi sendiri atau menjadi bisnis sebagai sumber penghasilan. Menjadi peternak madu adalah ide yang baik untuk mengeksplorasi sumber daya yang anda miliki menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. 
 
Menjadi pe
ternak madu bisa menjadi hobi yang menghibur dan sekaligus menghasilkan madu yang nikmat dan bermanfaat bagi kesehatan anda sekeluarga. Usaha ini juga bisa menjadi bisnis skala kecil yang memberikan pekerjaan dan sumber penghasilan dari sebuah keluarga kecil. Peternak madu skala kecil bisa memproduksi madu sampai 50 Kg madu pertahunnya. Jika selama ini anda tertarik ke menjadikan peternak madu hanya sebagai hobi saja, tidak ada salahnya bagi anda untuk menjadikannya sebuah bisnis yang menjadi salah satu sumber penghasilan anda.

Kebutuhan dasar untuk memulai menjadi peternak madu adalah lahan untuk beternak, sarang lebah, koloni lebah dengan ratu.Selain itu anda juga akan membutuhkan beberapa peralatan dasar yang lain seperti ruang induk, kotak madu, wadah madu, pakaian (masker, topi dll). Ketika madu dipanen dari peternakan madu, anda akan memerlukan ekstraktor untuk mengekstrak madu dari sarang dan freezer untuk menyimpan madu.
Bagi anda yang baru akan memulai menjadi peternak madu, lebih baik bagi anda untuk memulai dengan sebuah peternakan madu dalam skala kecil dulu. Anda bisa memulainya dengan dua atau tiga buah sarang lebah untuk permulaan. Setelah anda mahir dan memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman dalam beternak madu, maka anda tinggal menambah jumlah sarang anda sesuai dengan sumber daya yang anda miliki dan juga perhitungan bisnis yang anda lakukan. 

Berikut adalah beberapa poin penting yang bisa anda jadikan informasi atau ide yang mungkin bisa anda terapkan ketika anda memulai usaha peternakan madu anda.
Untuk melakukan pekerjaan merawat koloni lebah anda dalam 2 atau 3 sarang, anda bisa melakukan semua pekerjaan di peternakan anda sendirian atau dibantu keluarga anda. Ketika jumlah sarang anda mulai bertambah dan anda mulai sibuk mengurus sarang-sarang lebah anda maka anda memerlukan tambahan tenaga kerja. Awalnya sewa dulu seorang pekerja paruh terutama saat musim panen. Anda pasti akan membutuhkan tenaga tambahan untuk melakukan ekstraksi madu anda, jadi jangan terburu-buru untuk mengambil pegawai tetap sebelum anda benar-benar membutuhkannya.
• Anda juga bisa memberdayakan anak atau istri yang memiliki waktu luang untuk membantu anda ketika anda baru memulai usaha sebagai peternak madu. Hal ini akan sangat membantu anda dan mereka akan melaksanakan dengan sepenuh hati, karena kesuksesan anda adalah kesuksesan mereka juga. Di sisi lain hal ini bisa menjadi ajang yang baik bagi anak-anak untuk belajar bisnis mulai sejak awal.
• Untuk sebuah peternakan besar
yang telah memiliki ratusan atau ribuan sarang lebah, biasanya akan mempekerjakan beberapa pegawai tetap untuk merawat dan membersihkan peternakan madu setiap hari. Ketika musim panen tiba, mereka akan menambah jumlah kayawan dengan mempekerjakan tenaga kerja paruh waktu yang diberdayakan selama musim panen saja.
• Hal terpenting lainnya, adalah carilah peternak madu yang telah berhasil dan memiliki banyak pengalaman dan mau berbagi pengetahuan dengan anda. Untuk memnulai segala sesuatu termasuk beternak lebah, bimbingan dari seorang yang lebih berpengalaman akan sangat dibutuhkan. Karena bagaimanapun anda sudah membaca buku dan banyak informasi tentang peternakan madu, tetapi anda belum memiliki pengalaman di lapangan. Carilah mentor yang terbaik untuk kesuksesan peternakan madu anda.

Demikian sedikit hal yang mungkin bisa anda jadikan masukan dan inspirasi untuk memulai menjadikan hobi anda sebagai peternak madu menjadi sebuah usaha yang bisa menjadi salah satu sumber penghasilan keluarga. Dengan kecenderungan masyarakat akan penting hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan alami, kedepan kebutuhan masyarakat akan madu juga akan meningkat. Ini adalah sebuah peluang yang bisa anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selamat sukses berbisnis madu :-)

Artikel sebelumnya:

Subscribe to receive free email updates: