Manfaat Propolis

Manfaat Propolis Untuk Kesehatan
Extract Propolis

Propolis adalah antibiotik alami yang terkenal dalam digunakan dalam proses pengobatan alami. Ini merupakan salah satu produk lebah yang benar-benar menyebabkan banyak orang takjub dan mengagumi kemampuan lebah yang menghasilkan produk ini. Berikut adalah sedikit uraian mengenai sebagian manfaat propolis.

Beberapa pohon dan tumbuhan memproduksi bahan lengket sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh mereka untuk membela diri terhadap penyakit. Lebah madu, selain mengumpulkan nektar dari bunga juga mengumpulkan zat yang cairan dari tunas tanaman ini. Setelah mengunyah dan mencampurnya dengan air liur mereka dan zat lain, maka akan dihasilkan propolis.

Propolis sangat penting untuk kelangsungan hidup lebah madu. Manfaat propolis adalah untuk mensterilkan sarang dan melindunginya terhadap penyakit dan serangan dari luar. Tidak hanya membantu untuk menghambat penyebaran bakteri, virus, dan jamur, manfaat propolis juga dikenal bisa membantu menjaga kondisi koloni saat perubahan iklim, seperti angin dan dingin.

Manfaat propolis bagi koloni lebah adalah juga digunakan sebagai dempul untuk menutup retak dan celah pada sarang dan untuk memperkuat dan memperbaiki sarang, dan untuk alasan ini juga dikenal sebagai 'lem lebah'. Fakta lain yang menakjubkan adalah bahwa lebah juga menggunakan zat lengket untuk membalsem bangkai serangga yang lebih besar yang menyerang sarang. Penyusup tersebut segera disengat mati tapi karena lebah tidak dapat membela mengangkut mayat berat seperti jauh dari sarang, mereka membalsem mereka daripada membiarkan mereka membusuk. Orang Mesir kuno menggunakan manfaat propolis sebagai salah satu bahan untuk pembalseman mumi mereka.

Propolis mengandung resin sekitar 50-70%, lilin 30%, minyak eterik 10% dan 5% serbuk sari. Proplois kaya akan asam amino yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Memiliki kandungan vitamin yang tinggi (Vitamin A (karoten), vitamin B1, B2, B3, biotin) dan sangat kaya akan bioflavonoid (Vitamin P) yang diyakini memiliki sifat bangunan kekebalan tubuh dan berbagai manfaat kesehatan. Bioflavonoid adalah pigmen alami dalam buah-buahan dan sayuran dan ditemukan dalam jumlah besar di jeruk. Ini lem lebah mengandung bioflavonoid hampir 500 kali lebih dari yang ditemukan dalam jeruk. Hal ini juga berisi berbagai albumin, kalsium, magnesium, kalium dan fosfor. Seperti Royal Jelly dan Bee Pollen, berisi sejumlah senyawa tak dikenal yang bekerja sama secara sinergis untuk menciptakan suatu zat seimbang gizinya.

Karena bersifat antibakteri, antijamur, antivirus, efek anti-inflamasi dan antioksidan, manfaat propolis telah digunakan sebagai sarana penyembuhan selama berabad-abad. Telah digunakan sebagai salep untuk luka penyembuhan dan luka dan terbukti memiliki nilai yang luar biasa untuk berbagai macam penyakit. Propolis juga digunakan sebagai alternatif alami terhadap penisilin dan antibiotik lainnya. Propolis sangat aman dan efektif dalam menghambat efek resistensi-bangunan yang merupakan faktor negatif dengan antibiotik kimiawi.

Di beberapa negara, antibiotik tidak pernah tersedia secara luas, tetapi peternakan lebah secara luas telah memproduksi antibiotik alami ini. Untuk membantu mencegah berbagai penyakit, rumah sakit dan klinik merekomendasikan untuk berkumur larutan propolis, serta mengambil mengkonsumsi propolis secara teratur. Manfaat propolis dapa digunakan untuk mencegah infeksi dan membantu menyembuhkan infeksi yang telah terjadi.

Propolis telah menjadi alternatif yang untuk campuran pasta gigi alami yang sangat berguna pada gangguan mulut dan gusi. Mulut adalah salah satu tempat yang paling sensitif dari tubuh kita, di mana sinestesia indera dimulai dan makanan dicerna secara fisik di dalamnya. Mulut yang sehat tentunya merupakan salah satu elemen yang berkontribusi terhadap nafsu makan dan suasana hati yang baik pada umumnya.

Penelitian klinis menunjukkan bahwa sifat antibakterial propolis mampu mencegah kerusakan gigi, meningkatkan kesehatan mulut, menyembuhkan gusi berdarah, dan mencegah gusi surut. Produsen pasta gigi propolis dan semprotan mulut mengklaim bahwa produk mereka mampu menjaga gigi bersih, gusi sehat, dan nafas segar tanpa bahan kimiawi, yang tidak menghasilkan efek samping negatif.

Artikel lain :




Subscribe to receive free email updates: