Lebah Madu

10 Fakta Menarik Tentang Lebah Madu


Lebah Madu - Membantu Penyerbukan
Lebah Madu adalah serangga kecil yang ajaib. Mereka telah membuktikan kegunaannya bagi manusia selama berabad-abad yang lalu. Mereka memproduksi madu yang memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Lebah madu adalah termasuk serangga yang bersahabat di alam dan biasanya tidak akan merugikan siapa pun sampai mereka melihat bahaya yang mengancam sarang mereka. Mereka memiliki ukuran sekitar 3/4 inci panjang, dan setiap sarang lebah madu dapat menampung hingga 80.000 lebah yang sebagian besar adalah lebah pekerja.

Lebah madu membangun sarang yang merupakan rumah mereka atas perintah Ratu lebah yang merupakan lebah terbesar di dalam sarang. Serangga kecil ini memiliki begitu banyak jasa dalam kehidupan kita. Berikut adalah beberapa fakta menakjubkan tentang lebah madu sebagai tambahan pengetahuan bagi kita.


1) Nama ilmiah dari lebah madu adalah Apis mellifera.
Selain menghasilkan madu yang nikmat dan penuh khasiat, lebah madu memiliki makna besar bagi lingkungan karena mereka memainkan peran penting dalam penyerbukan.

2) Lebah madu adalah satu-satunya makhluk yang menghasilkan zat yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Madu adalah makanan yang lengkap karena mengandung vitamin, mineral, enzim dan nutrisi penting bagi tubuh. Zat ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan mampu membantu dengan peningkatan memori dan fungsi otak yang lebih baik.


3) Suara dengungan dihasilkan oleh lebah adalah hasil dari mengelus sayap mereka yang bisa mencapai kecepatan sekitar 200 ketukan setiap detik. Makhluk ini bisa terbang selama hampir enam mil pada kecepatan 15 mil / jam pada sebuah perjalanan.


4) Satu sarang lebah madu dapat menampung hingga 80.000 lebah yang sebagian besar adalah lebah pekerja. Lebah pekerja berjenis kelamin perempuan dan memiliki umur sekitar 6 minggu, di mana mereka melakukan semua pekerjaan yang ada di sarang.


5) Ratu lebah adalah lebah dengan ukuran terbesar di sarang. Mereka ini dapat memiliki umur sampai 5 tahun dan merupakan satu-satunya lebah yang bisa bertelur.


6) Madu hanya dikumpulkan selama bulan-bulan musim panas dan dingin. Selain musim tersebut, lebah madu akan bertahan hidup dengan memakan madu yang telah mereka simpan di dalam sarang.


7) Lebah madu membantu penyerbukan berbagai buah-buahan dan sayuran dan ini penyerbuk alami membuat kontribusi yang besar terhadap keberadaan dan keberlanjutan lingkungan.


8) Ratu Lebah madu dapat menghasilkan sampai 1500 telur setiap hari dan hampir satu juta telur dalam seluruh hidupnya. Lebah pekerja bertugas mengurus makanan dan perawatan untuk ratu karena dia hampir tidak memiliki waktu dari bertelur di sepanjang hidupnya.


9)
Para lebah madu pria disebut 'Drone' dan sedikit lebih besar dibandingkan dengan lebah pekerja. Tugas mereka hanya untuk kawin dengan lebah Ratu dan mereka segera mati setelah proses kawin selesai.

10) Mempertahankan suhu stabil sekitar 34 ยบ C dalam sarang sepanjang tahun. Selama bulan-bulan musim dingin ketika suhu mulai menurun, lebah membentuk cluster di sekitar sarang untuk menjaga diri dan menghangatkan sarang.




Lebah madu adalah serangga memainkan peran besar dalam kehidupan manusia dengan membantu dalam proses penyerbukan serta menghasilkan madu yang sehat dan bergizi. Karenanya, penting bagi kita untuk senantiasa menjaga kelangsungan habitat lebah madu dari berbagai ancaman baik dari manusia atau dari alam itu sendiri.

Subscribe to receive free email updates: