Ciri Madu Asli

Cara Mudah Membedakan Madu Asli dan Palsu

 
Madu Asli
Madu, merupakan salah satu obat yang diturunkan Allah dan dijanjikan sebagai obatpun digaransi Allah di dalam Al Qur’an.

Dan Tuhan Penciptamu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”.(68) Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (QS An-nahl : 68 – 69)

Kepopuleran pengobatan menggunakan madu sudah teruji ribuan tahun yang lalu, sehingga tidak mengherankan penjualan madu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pedagang. Namun bagaimana kita sebagai konsumen dapat membedakan mana madu yang asli mana yang aspal. Tentunya Anda sudah mengetahui beberapa metoda pengujian madu asli baik yang secara konvensional maupun modern melalui penelitian laboratorium. Nah..salah satu cara pengujian di bawah ini sungguh menakjubkan saya, dan ini mungkin salah satu tanda kebesaran Allah, Subhanallah. 

Ada berbagai macam cara  membedakan mana madu asli, mana madu palsu. Tapi cara-cara tersebut sangat susah. Nah ada cara yang mudah banget yang secara tidak sengaja saya baca didalam postingan di salah satu blog (maaf lupa nama blognya), kebetulan di rumah saya ada  tiga jenis madu yang diperoleh dari sumber yang berbeda : satu toples madu isi 1 Kg saya beli seharga 118 ribu, kemudian 1 botol madu dikasih teman dari Bangka, dan ada 8 botol madu yang saya beli dari pedagang yang biasa mengantar setiap 2 bulan ke rumah. Dari ke tiga jenis madu ini, ternyata satu madu yang saya beli sebanyak 8 botol tidak membentuk benang-benang hexagonal. 

Bagaiamana Cara mengetahui madu Asli sebagaimana percobaan saya di atas, bisa Anda praktekkan sebagai berikut :

Tuangkan air putih (air jernih yang sudah dimasak agar nanti madunya bisa diminum) dalam sebuah wadah. Piring atau mangkok. Sebaiknya yang tidak bergambar (saya pakai piring berwarna putih bukan yang seperti kaca) supaya hasilnya tampak jelas. Masukkan setengah atau satu sendok makan madu ke dalam air tersebut. Goyang-goyangkan perlahan-lahan piring tempat di mana air dan madu ditampung, sehingga madu yang ada di dalamnya menyebar, nah pada saat Anda menggoyang maka dapat dilihat perubahan bentuk cairan madu. 
Ciri Madu Asli

Jika madu tersebut asli, akan terlihat benang-benang berwarna kuning yang bentuknya menyerupai sebuah sarang lebah (heksagonal), seperti gambar di samping. Subhanallah, sungguh ajaib.
Kalo madunya palsu, misal terbuat dari gula, tentu tidak akan membentuk sarang lebah sebagaimana madu yang saya iuji coba dari madu yang 8 botol.

Semoga bermanfaat bagi Anda pecinta madu :-)

Source : http://abughifari.wordpress.com/2009/01/03/cara-membedakan-madu-asli-dan-aspal

Subscribe to receive free email updates: