Madu Organik


Sekilas Tentang Madu Organik

Madu Organik Dalam Kemasan
Madu adalah makanan alami yang dikenal di seluruh dunia. Berbagai jenis dan kualitas madu tersedia dan dijual di supermarket sekarang. Diantara beberapa jenis madu yang dijual, madu organik termasuk yang paling mahal di antara jenis madu biasa. Madu organik memerlukan proses produksi yang lebih sulit dan butuh pengawsan yang lebih ketat dibandingkan dengan jenis madu biasa. Hal ini membuat harga lebih mahal dari yang lain.
Untuk memberikan label madu organik di peternakan madu, petani harus lulus memiliki sertifikasi dari lembaga sertifikasi pertanian organik. Mereka harus memenuhi persyaratan standar yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi. Standar ini termasuk peralatan peternakan yang mereka gunakan, lokasi di mana lebah-lebah mengambil nektar dari tanaman, proses ekstraksi madu, transportasi, pengolahan dan suhu kemasan madu.

Untuk mendapatkan sertifikasi organik, petani harus memastikan bahwa madu lebah diambil sebagai sampel tidak mengandung polusi lingkungan dan pestisida pada khususnya. Petugas sertifikasi akan melakukan survei dan pemantauan lahan dalam radius 5 km dari peternakan. Mereka juga melakukan analisis rutin dengan menguji sampel madu organik untuk memastikan bahwa madu yang akan dilabeli sebagai madu organic benar-benar adalah madu murni dan tidak dicampur dengan bahan non-organik, madu dan gula atau antibiotik.

Proses ekstraksi juga selalu diawasi dengan ketat. Selama proses ini, harus dipastikan bahwa madu murni dan organik atau campuran dengan bahan lain dari luar, termasuk debu atau polutan yang dibawa oleh angin. Suhu pemanasan tertinggi yang diperkenankan pada madu label organic hanya sampai 45C. Hal ini untuk menjaga kandungan mineral dan vitamin yang ada didalam madu organik tetap terjaga. Dan selama proses pemanasan, tidak boleh  ditambahkan zat lain seperti antibiotik atau zat lain dengan maksud untuk membunuh bakteri atau jamur yang biasa digunakan oleh peternak madu biasa.
Pada tahap packing, harus dipastikan bahwa proses tersebut masih bisa menjamin kebersihan dan kemurnian madu. Kemasan yang digunakan juga harus lulus uji dari lembaga sertifikasi madu organik. Secara keseluruhan, proses produksi madu organic jauh lebih sulit dan lebih ketat dibandingkan jenis madu biasa.
 Karena proses produksinya yang sangat ketat, madu organik dipercaya memberikan manfaat lebih dibandingkan dengan madu biasa. Juga efek samping dari madu organik dapat dikatakan hampir tidak ada. Sebagai tambahan, rasanya lebih enak daripada madu non-organik . Walaupun dijual dengan harga yang lebih mahal, banyak konsumen yang tetap memilih membeli madu organic dengan alas an seperti tersebut di atas.
Hari ini relatif sulit untuk mendapatkan madu organik benar-benar murni. Karena lingkungan tempat peternakan madu banyak yang terkontaminasi oleh polusi. Untuk memastikan bahwa produk yang anda beli adalah madu organik, periksalah label kemasan madu yang mengklaim sebagai madu organik sebelum memutuskan untuk membelinya. Pastikan ada label sertifikasi dari lembaga sertifikasi yang berwenang memberikan label organic. Cara lain untuk lebih memastikan bahwa madu yang anda beli adalah benar-benar organic, belilah madu dari produsen madu yang sudah terkenal reputasinya. Atau bisa juga anda beli dari toko madu langganan anda, mereka pasti akan memberikan informasi lengkap tentang suatu jenis madu yang akan beli. Selamat berburu madu organic dan dapatkan khasiat madu sebenarnya bagi anda sekeluarga.

Artikel lain:

Subscribe to receive free email updates: