Madu Untuk Jerawat

Madu untuk Jerawat - Menggunakan Madu untuk Obat Jerawat

 

Madu mengandung sifat potensial yang bisa digunakan untuk penyembuhan dan memiliki sifat anti bakterial. Selama lebih dari 2000 tahun, makanan yang menakjubkan hasil produksi alam ini, sebagian manfaatnya digunakan untuk pengobatan luka dan perawatan kulit.

Manfaat madu telah dikenal bangsa Mesir sejak zaman kuno sebagai bahan pengobatan. Sampai saat ini, manusia modern juga masih menggunakan madu untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan seperti sakit tenggorokan, pengunaan madu untuk jerawat dan banyak lagi pengobatan yang lain. Kandungan antioksidan dalam madu juga dipercaya bisa menghilangkan kerutan pada kulit, membuat kulit tetap sehat sehingga kulit akan kelihatan halus dan lembut.

Madu yang belum mengalami proses pemanasan untuk pengawetan, memiliki kualitas yang lebih baik daripada madu olahan yang banyak tersedia di pasar. Kualitas yang lebih baik lagi adalah madu manuka yang murni dengan kandungan anti bakterialnya yang sudah sangat terkenal. Madu Manuka memiliki sifat antibakterial yang lebih kuat dibandingkan dengan madu jenis lain, sehingga memiliki daya penyembuhan yang lebih baik untuk pengobatan penyakit yang disebabkan oleh bakteri.Madu yang berasal dari Selandia Baru ini, dibuat oleh lebah madu yang mendapat nektar dari bunga Manuka, sejenis tanaman teh yang hidup di New Zealand dan sebagian kecil wilayah Australia. Untuk menandai tingkat kandungan zat anti bakterila dalam madu manuka,maka madu manuka menggunakan label UMF (Unique Manuka Factor). Semakin tinggi angka UMF, maka madu tersebut semakin memiliki sifat antibakterial yang lebih kuat.

Untuk membantu anda melawan jerawat, anda dapat menggunakan madu sebagai masker wajah. Masker wajah alami dari madu ini akan membunuh bakteri yang menyerang jaringan kulit anda. Tetapi tidak seperti obat jerawat yang menggunakan bahan kimia, madu tetap menjaga kondisi kulit dalam keadaan lembab. Obat jerawat dari bahan kimia, sebagian besar menggunakan alkohol sebagai pelarutnya. Hal ini tidak menguntungkan untuk kondisi kulit anda dalam jangka panjang. Pengobatan alamiah memberikan dampak yang lebih baik bagi kesehatan jangka panjang

Untuk melakukan pengobatan jerawat menggunakan madu, anda bisa membuat masker jerawat madu sendiri. Ambil 3 sendok makan madu, lalu campur dengan sedikit air jeruk, bubuk kayu manis dan oatmeal. Aduklah campuran bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata. Lalu oleskan masker madu di wajah anda, dan biarkan untuk waktu sekitar 20 menit. Lalu bilas dan bersihkan masker dari wajah anda dengan menggunakan air hangat. Anda juga bisa langsung mengoleskan madu langsung pada permukan kulit yang terkenan jerawat, seperti mengoleskan salep jerawat. Sifat antibakterial madu akan membunuh kuman yang menyebabkan and terserang jerawat, sementara kandungan vitamin dan antioksidannya mampu menjaga kelembaban kulit, bahkan merangsang tumbuhnya sel baru untuk penyembuhan akibat dari jerawat.

Resep di atas adalah salah satu cara sederhana yang bisa anda praktekkan untuk membuat masker madu untuk jerawat yang anda alami. Masker wajah dari madu cocok bagi mereka yang mengalami jerawat yang diakibatkan oleh serangan bakteri. Bagi anda yang menderita jerawat diakibatkan karena ketidakseimbangan sistem hormonal, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi madu secara teratur, untuk membantu anda menyeimbangkan kembali sistem hormonal anda. Selain itu, penting bagi anda untuk mempraktekkan pola hidup dan pola makan yang sehat. Selamat mencoba!

Artikel lain:
Peternak madu 
Membeli madu
Manfaat propolis 

Subscribe to receive free email updates: