Madu Pramuka

Madu Pramuka – Madu Kita Semua

Madu Pramuka Cibubur

Pertama kali mendengar nama madu pramuka, pikiran saya teringat tentang kegiatan ekstra kurikuler yang saya ikuti mulai SD, yaitu kegiatan Pramuka. Kegiatan pramuka mendidik pesertanya menjadi anak-anak yang dekat dengan alam dan berjiwa mandiri. Oleh karena itu, kegiatan pramuka lebih banyak dilakukan di luar ruangan (outdoor) daripada di dalam ruangan (indoor). Bahkan acara paforit saya waktu pramuka adalah jelajah alam dan berkemah.Lalu apakah ada hubungannya antara madu pramuka dengan kegiatan kepanduan ini?

Madu pramuka adalah salah satu jenis madu produksi lokal Indonesia. Adalah PT. Madu Pramuka Cibubur lah yang melakukan produksi dan mendistribusikan madu ini. Sebagian besar madu yang dikemas adalah hasil produksi peternakan dari area perkemahan Cibubur sendiri, sedangkan sebagian madu didatangkan dari berbagai daerah di seluruh nusantara.

Madu pramuka memang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan kepramukaan itu sendiri. Membaca visi dari PT. Madu Pramuka Cibubur, jelas sekali bahwa aktivitas perusahaan ini dilakukan berdasarkan nilai-nilai yang diajarkan dalam kepramukaan. Berikut adalah visi didirikannya perusahaan ini :

1.      Membantu pendanaan kegiatan Pramuka
2.      Menghasilkan profit sebagaimana perusahaan bisnis yang lain
3.      Menyejahterakan karyawan sebagai bagian dari perusahaan
4.      Memberdayakan masyarakat dengan pelaksanaan pelatihan ternak lebah

Dari usaha ini, juga membuka peluang bisnis bagi masyarakat luas untuk menjadi agen penjualan madu pramuka.

Produk dari PT. Madu Pramuka Cibubur tidak terbatas hanya menjual madu saja, tetapi juga berbagai hal yang masih berhubungan dengan perlebahan. Berikut adalah beberapa produknya :

  1. Madu
  2. Pollen, Royal Jelly, Propolis
  3. Peralatan ternak lebah
  4. Bibit lebah lokal maupun impor
  5. Servis terapi kesehatan sengat lebah (apitherapy)
  6. Pelatihan peternak madu
  7. Wisata lebah

Dari sekian jenis  produk di atas, jenis madu adalah produk yang paling terkenal. Ada banyak macam jenis madu yang dihasilkan, tergantung dari musim bunga yang sedang terjadi. Telah kita ketahui bersama, bahwa lebah madu mengambil nectar dari bunga tanaman yang ada disekitar sarang mereka. Ada madu jenis kapuk, dimana lebah mengambil saripati bunga kapuk untuk bahan pembuatan madunya. Jenis lainnya adalah madu karet, kaliandra, mahoni, rambutan, jambu mete, mangga, kopi, durian, apel, cengkeh, kelengkeng, sonokeling. Warna, rasa dan khasiat berbagai macam madu ini akan berbeda, seperti halnya pada madu pahit. Rasa pahit dari madu asli bangka belitung ini dikarenakan karena lebah mengambil saripati bunga pohon pelawan untuk bahan baku madu sebagai makanan mereka.

Manfaat madu pramuka dengan berbagai jenis macamnya memang berbeda, tetapi secara umum, khasiat madu pramuka dilaporkan bisa digunakan untuk menambah nafsu makan, meningkatkan daya tubuh, sebagai obat luka seperti pada madu manuka, dan manfaat kesehatan yang lain. Aturan penggunaannya, bagi dewasa bisa dikonsumsi 2 sendok makan pagi hari, 1 sendok makan siang hari dan 1 sendok makan pada malam hari. Sedangkan pada anak-anak, 1 sendok makan pagi hari, ½ sendok makan siang hari dan ½ sendok makan pada malam hari.

Anda bisa mendapatkan madu pramuka pada agen resmi yang ditunjuk untuk setiap daerah. Untuk informasi lebih lengkap, bisa mengunjungi website berikut ini: http://pusatperlebahanpramukacibubur.blogspot.com.
Salam Sehat.

Subscribe to receive free email updates: