KHASIAT MADU

Madu Hutan

http://madu-tawon.blogspot.com/2014/01/madu-hutan.html

Madu Hutan- Madu Organik Penuh Khasiat


Madu Hutan Liar
Hutan adalah salah satu area dimana tempat ribuan bahkan jutaan hewan dan tumbuhan hidup berdampingan. Pepohonan liar di hutan menjadi pabrik oksigen terbesar yang dikonsumsi seluruh makhluk hidup di seluruh dunia. Salah satu dari begitu banyak manfaat yang diberikan hutan kepada manusia, adalah hasil hutan berupa madu hutan. Awalnya, manusia hanya memperoleh madu dengan melakukan perburuan madu di dalam hutan sebelum mereka mengenal melakukan budidaya lebah.

Hutan tropis adalah hutan yang sudah terkenal dengan keanekaragaman hayati dan hewani yang terkandung di dalamnya. Seluruh hutan di Indonesia termasuk dalam hutan tropis. Berbagai jenis tanaman berbunga, bisa menjadi sumber nectar yang melimpah bagi lebah madu. Madu hutan Kalimantan, Bangka, Buton, Bima dan hutan lain di seluruh Nusantara sudah dikenal menghasilkan madu hutan dengan kualitas yang baik.

Madu Hutan dihasilkan oleh lebah liar jenis Apis Dorsata yang membuat sarang di dahan pohon atau di perbukitan di hutan. Jenis lebah ini, sampai saat ini belum bisa di ternakan oleh manusia. Ada beberapa pemburu madu liar yang membuat dahan tirua pada Pohon hutan dan memancing lebah liar membuat sarang di dahn tersebut. Sementara peternak madu membudidayakan lebah jenis Apis Cerana atau Apis Melifera. Lebah liar mengambil nectar dari berbagai jenis bunga yang tumbuh di hutan. Karena jenis bunga sumber nektarnya yang heterogen, mengakibatkan rasa dan warna madu hutan lebih tidak seragam dibandingkan dengan madu hasil peternakan.

Dibandingkan dengan madu hasil peternakan, kandungan air madu hutan lebih banyak. Menurut SNI, madu hutan memiliki kadar air 24%, sedang madu hasil budidaya mengandung air 21%. Hal ini dikarenakan kerapatan sarang madu ternak lebih terjaga dibandingkan dengan sarang madu liar di pepohonan atau perbukitan. Kadar air madu hutan akan bertambah saat panen di musim hujan. Butirannya juga lebih kasar dibandingkan madu rumahan.

Lebah liar mengambil nectar dari pepohonan di hutan yang masih alami dan terbebas dari berbagai jenis polutan dan insektisida. Hal ini merupakan keistimewaan yang paling utama dari madu hutan dibandingkan dengan madu hasil peternakan. Madu hutan secara otomatis bisa digolongkan ke dalam jenis madu organik. Madu tualang dan madu pelawan (madu pahit), merupakan golongan madu hutan. Madu hutan dari hutan tropis Taman Nasional Danau Sentani, diklaim sebagai madu hutan terbaik di Indonesia, atau bahkan di seluruh Asia. Hasil lebah liar dari hutan kabupaten Putussibau, Kalimantan Barat ini telah mendapatkan sertifikat organic dari…

Selain memberikan manfaat kesehatan, madu hutan juga memberikan peningkatan nilai ekonomi bagi warga sekitar hutan. Pemburu makanan lebah, bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan bagi warga pada musim panen madu. Selain itu, ibu – ibu rumah tangga bisa membuka kios madu hutan di depan rumah mereka. Kelestarian hutan juga sangat mempengaruhi jumlah produksi madu hutan. Hutan yang lestari, mampu memberikan sumber nectar yang melimpah bagi lebah liar. Di sisi lain, lebah liar juga membantu penyerbukan bunga yang akan menghasilkan biji sebagai calon pohon baru yang akan tumbuh di hutan.

Khasiat madu hutan diyakini sangat baik bagi kesehatan. Nutrisi madu organik ini banyak mengandung karbohidrat, protein, asam amino, enzim, vitamin dan mineral. Di tambah kandungan vitamin C, flavonoid dan alkaloid. Madu hutan sangat baik untuk membantu kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan sifatnya yang membantu perkembang biakkan bakteri baik lifido dan menghambat perkembangan bakteri buruk E Coli. Minum madu hutan secara teratur, juga bisa membantu mengatasi tukak lambung dan iritasi lambung akibat minuman beralkohol atau obat kimiawi. Bagi Anda yang ingin menjaga stamina tubuh, bisa mencoba manfaat madu hutan yang dicampurkan air hangat secara rutin. Minum madu hutan secara teratur, juga diyakini bisa menghindarkan tubuh terserang flu. Untuk luka, olesan madu hutan akan membantu luka cepat kering dan segera sembuh.

Untuk mengetahui ciri – ciri madu asli dari hutan, bisa dilakukan percobaan dengan memasukkannya dalam kulkas. Kalau ada bagian yang membeku, berarti madu tersebut sudah tercampur dengan air. Anda bisa membeli madu hutan di daerah sekitar hutan yang terkenal menghasilkan madu hutan. Mereka menjual madu di kios – kios sederhana di depan rumah mereka. Atau Anda juga bisa membeli madu hutan pada penjual madu terpercaya yang sudah menjadi langganan Anda. Selamat menikmati makanan hutan yang menyehatkan :-).







Madu Hutan, Pada: 16:08
Copyright © 2014 KHASIAT MADU Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved